PANDUAN PENYUSUNAN LAPORAN PELAKSANAAN P5 TEMA BANGUNLAH JIWA RAGANYA
PANDUAN
PENYUSUNAN
LAPORAN
PELAKSANAAN P5 TEMA BANGUNLAH JIWA RAGANYA
Dalam cover harus memuat:
1. Kata-kata khusus yang
harus ada;
a) Projek Penguatan Profil
Pelajar Pancasila
b) Tema 2 Bangunlah Jiwa
Raganya
c) SMP Negeri 9 Malang
d) Mata Ikan Pedas (Mari Kita
Hentikan Perundungan dalam Sekolah)
2. Identitas kelompok
3. Logo SMP Negeri 9 Malang
4. Bulan pembuatan laporan
Pembuka
Bagian pembuka berisi informasi umum tentang
perundungan. Bisa dijelaskan tentang hal-hal sebagai berikut:
1. Penjelasan secara umum tentang
apa itu perundungan.
2. Penjelasan secara umum
bahwa perundungan itu ada di sekolah.
3. Contoh-contoh perundungan
yang terjadi di sekolah.
Isi
Bagian isi berisi penjelasan secara rinci tentang
kegiatan P5 Tema Bangunlah Jiwa Raganya. Penjelasan kegiatan-kegiatan tersebut
dilakukan urut secara kronologis. Setiap kegiatan yang dijelaskan, disertai
dengan foto bukti produk atau hasil dari kegiatan. Jika kegiatannya adalah
membuat video, bisa ditampilkan juga tangkapan layar (screenshoot video
yang telah dibuat).
Penutup
Bagian penutup berisi simpulan tentang pelaksanaan
P5 Tema 2 Bangunlah Jiwa Raganya. Pada bagian ini, bisa dijelaskan tentang:
1. Perasaan setelah mengikuti
P5 Tema 2 Bangunlah Jiwa Raganya.
2. Hal yang didapat setelah
mengikuti P5 Tema 2 Bangunlah Jiwa Raganya.
Bagian penutup juga berisi saran tentang pelaksanaan
P5 Tema 2 Bangunlah Jiwa Raganya. Saran bisa ditujukan kepada pihak sekolah,
para fasilitator, dan peserta didik.
Lampiran
Lampiran berisi foto-foto atau tangkapan layar (screenshoot)
yang mungkin terlalu kecil jika dimasukkan ke dalam bagian Bab II Isi.
Catatan:
Penjelasan-penjelasan di
atas adalah panduan penyusunan laporan. Peserta didik boleh menambahi penjelasan-penjelasan
lain yang menurut peserta didik penting untuk dimasukkan ke dalam laporan.
CONTOH PENGISIAN
PEMBUKA
Perundungan
atau bullying adalah ..................................................................................
Menurut Rahmatullah (2023), perundungan adalah tindakan agresif yang
................................................. Perundungan terjadi karena ........................................................................
............................................................... Dampak perundungan
dapat berbahaya bagi ................................................................................................. ...................................................................................................................................................................................... .................. ...................................................................................................................................................................................... ..................
Perundungan
bisa juga terjadi di sekolah. Hal ini bisa terjadi kepada sesama murid, guru ke
murid, ........................................................... Berdasarkan
data Kompas.com, perundungan di sekolah pada tahun ...........................................................
.................................................................................................................... ............................................................................................................................................................................................................ ............................................................................................................................................................................................................
Contoh
perundungan yang terjadi di sekolah adalah perundungan verbal dan perundungan
fisik. Perundungan verbal terjadi .............................................................................................. ......................................................................
Perundungan fisik adalah perundungan yang ........................... ................................................................................................................
......................................................................................... ...........................................................................................................................................................................................................
ISI
Pada Tema 2
Bangunlah Jiwa Raganya, kami melakukan beberapa kegiatan. Kegiatan-kegiatan
tersebut adalah;
1.
........................................
2. Mengamati perundungan di
sekolah
3. Membuat grafik dari hasil
pengamatan
4. ................................................
5. ................................................
6. ................................................
7. ................................................
8. ................................................
Berikutnya
kami akan menjelaskan kegiatan-kegiatan tersebut secara rinci.
1. ................................... ................................................................................................................................................................................. ................................................................ ................................................................................................................................................................. ....................................................................................................................................................................................................... .....................................................................................................................................................................................................................
2. Mengamati perundungan di
sekolah
Kami
melakukan kegiatan pengamatan selama satu minggu, mulai dari
................................. Hasil dari pengamatan kami adalah perundungan yang
terjadi ...................................................................
3. Membuat grafik dari hasil
pengamatan
Kami
membuat grafik batang dari hasil pengamatan kami. Berikut adalah foto dari
grafik batang yang sudah kami buat.
![]() |
PENUTUP
Dari
kegiatan-kegiatan yang sudah kami lakukan pada P5 Tema Bangunlah Jiwa Raganya,
kami dapat menyimpulkan bahwa kami sudah melakukan P5 dengan
................... Hal ini membuat kami merasa
.......................................................................................................................
Selain itu, pelaksanaan P5 tema ini sudah cukup
..................................................................................
Kami menjadi .................................................. ......................................................................................................................................................... ............................................................. ........................................................................................................................................................................................................................
Kemudian, kami juga ingin menyampaikan saran-saran kepada ..................................... Saran yang pertama adalah ............................................................................................................................. Saran berikutnya adalah ................................................................................................................................... .................................................................. ...................................................................................................................................................................................................................... ....................................................................................................................................................................................... ..............................
Komentar
Posting Komentar